Di era digital, internet menjadi bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat. Setiap harinya, individu di seluruh dunia mengakses internet dengan alasan yang bervariasi. Menurut Digital Report 2025 yang dirilis oleh We Are Social, jumlah pengguna internet global mencapai 5,56 miliar jiwa per 2025 atau setara dengan 67,9% populasi. Jumlah ini naik 2,5% dibanding tahun lalu.
Mencari informasi menjadi alasan utama penggunaan internet, dengan 62,8% responden memanfaatkannya untuk memperoleh informasi. Kemudian, sebanyak 60,2% responden menggunakan internet untuk berkomunikasi dengan teman dan keluarganya secara daring.
Selain itu, 55% responden menggunakan internet untuk mengikuti perkembangan berita atau suatu kejadian yang sedang menjadi tren dan 54,7% responden memanfaatkan internet sebagai hiburan seperti menonton video dan film.
Sering kali ketika tidak tahu cara untuk melakukan sesuatu, internet selalu memiliki jawabannya. Seperti yang dilakukan oleh 51,1% responden yang menggunakan internet untuk mencari tahu cara untuk melakukan sesuatu.
Tak hanya digunakan ketika mencari tahu cara untuk melakukan sesuatu, 46,9% responden pun menjadikan internet sebagai wadah mencari ide atau inspirasi. Selain itu, 46,7% responden menggunakan internet untuk mendengarkan musik melalui platform streaming musik seperti Spotify, YouTube Music, Apple Music, dan sebagainya.
Sedangkan bagi 45,2% responden, internet merupakan tempat pelarian singkat ketika mereka memiliki waktu luang. Biasanya, pengguna internet mengisi waktu luangnya dengan mengakses berbagai konten yang tersedia di internet.
Internet juga mengubah pola konsumsi masyarakat, dengan kemudahan akses akan informasi mengenai suatu produk, brand, hingga testimoni untuk mendukung keputusan pembelian. Sebanyak 45,2% responden menggunakan internet untuk mencari tahu produk dan brand, sedangkan 38,9% responden menggunakan internet untuk mencari tahu tempat liburan.
Baca Juga: Ini Dia Alasan Orang Indonesia Menggunakan Internet 2024
Sumber:
https://wearesocial.com/wp-content/uploads/2025/02/GDR-2025-v2.pdf