Menurut laporan Jajak Pendapat (JakPat), 37% Gen Z bekerja setelah lulus sekolah dan 19% lainnya sedang mencari pekerjaan. Dari mereka yang telah bekerja, terungkap bahwa Gen Z mengalokasikan gaji untuk lima hal utama.
Pertama, makanan jadi hal yang paling diutamakan Gen Z dalam mengalokasikan pengeluaran mereka. Tercatat 75% dari mereka memprioritaskan makanan ketika menerima gaji.
Selain harga bahan pokok yang melonjak, tingginya proporsi ini juga dipengaruhi oleh preferensi kuliner Gen Z. Survei Populix tahun lalu mengungkap bahwa generasi ini lebih suka membeli makanan dibanding memasak atau makan makanan yang sudah tersedia.
"Saat ini, mayoritas Milenial dan Gen Z lebih menyukai membeli makanan di luar baik secara online, takeaway, ataupun dine-in dibandingkan memasak makanan sendiri atau memakan masakan yang sudah tersedia di rumah," ujar Co-Founder dan CEO Populix Timothy Astandu, dalam laporan Populix, mengutip Jakarta Daily.
Preferensi ini membuat Gen Z terpaksa merogoh kocek lebih besar untuk keperluan makanan karena membeli biasanya membutuhkan lebih banyak biaya daripada masak atau makan di rumah. Belum lagi, survei Populix juga menunjukkan bahwa frekuensi membeli makanan di kalangan Gen Z ini cukup tinggi.
Sebanyak 63% Gen Z dan Milenial mengaku membeli makanan secara offline 1-3 seminggu dan 25% melakukan pemesanan makanan secara online 2-3 kali seminggu. Banyaknya tawaran promo dan kemudahan dalam pembelian membuat Gen Z tergiur untuk melakukan pemesanan online.
Selain masalah perut, Gen Z juga telah menyadari pentingnya keamanan finansial di masa depan. Karenanya, 63% mengaku mengalokasikan gaji mereka untuk tabungan/investasi. Hal ini dilakukan demi bisa pensiun dini dan mencapai kebebasan finansial di masa depan.
Maraknya edukasi dan kisah sukses yang datang karena investasi juga jadi alasan kenapa banyak Gen Z mulai memiliki kesadaran untuk mengatur keuangan dan merencanakan keamanan finansial mereka.
Menariknya, Gen Z juga peduli pada tiga hal lainnya selain urusan bertahan hidup di masa kini dan masa depan, seperti self-care, memberi pada orang tua, dan hiburan. Alhasil, tiga hal tersebut masuk dalam top lima pengeluaran utama Gen Z di 2024.
Baca juga: Gen Z Lebih Suka Belanja Makanan Lewat Quick Commerce