Negara Asia dengan Tingkat Kerahasiaan Keuangan Terbaik, Ada Indonesia?

Singapura dan Hong Kong menjadi pusat utama kerahasiaan keuangan di Asia, tempat paling ideal untuk menyembunyikan aset.

Financial Secrecy Index (FSI) adalah suatu metrik gabungan yang digunakan untuk mengevaluasi tingkat kerahasiaan keuangan suatu negara. Indeks ini dikembangkan oleh Tax Justice Network, sebuah organisasi yang berfokus pada transparansi keuangan dan pajak internasional.

FSI memberikan gambaran tentang sejauh mana suatu negara menyediakan layanan keuangan yang rahasia dan seberapa besar layanan tersebut dimanfaatkan oleh pelanggan internasional. 

Komponen FSI terdiri atas Financial Secrecy Score dan Volume of International Customers. Financial Secrecy Score berkisar dari 0 (tidak ada kerahasiaan) hingga 100 (kerahasiaan penuh). Semakin tinggi skor, semakin besar tingkat kerahasiaan keuangan yang ditawarkan oleh negara tersebut.  

Skor ini didasarkan pada berbagai indikator yang mencerminkan praktik-praktik yang memfasilitasi kerahasiaan keuangan seperti kurangnya transparansi dalam laporan keuangan, tidak adanya kewajiban untuk melaporkan data keuangan, dan ketidakmampuan untuk bertukar informasi secara otomatis dengan yurisdiksi lain.

Sementara itu, indikator Volume of International Customers mengukur sejauh mana layanan keuangan rahasia tersebut dimanfaatkan oleh pelanggan dari luar negeri. Volume ini mencakup aliran dana internasional yang masuk ke negara tersebut yang memanfaatkan tingkat kerahasiaan yang tersedia. Semakin banyak volume ini, semakin besar pengaruh negara tersebut dalam sistem keuangan global yang tidak transparan.

FSI digunakan untuk memberi peringkat pada negara-negara berdasarkan dampak dan kontribusi mereka terhadap kerahasiaan keuangan global. Negara dengan FSI score yang tinggi sering kali menjadi tempat tujuan untuk menyembunyikan aset atau menghindari pajak oleh individu atau perusahaan yang mencari kerahasiaan dalam transaksi keuangan mereka.

Tujuan dan Penggunaan FSI

FSI memiliki beberapa tujuan utama, yakni sebagai berikut.

  • Membantu mengidentifikasi negara-negara yang menyediakan layanan keuangan rahasia yang dapat digunakan untuk keperluan ilegal atau tidak etis seperti penghindaran pajak, pencucian uang, atau penyembunyian aset.
  • Berupaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya transparansi dalam sistem keuangan global.
  • Membantu mendorong reformasi dalam sistem keuangan internasional guna mengurangi praktik-praktik kerahasiaan keuangan yang merugikan.

Peringkat dan Pengaruh Global

Negara-negara dengan skor FSI yang tinggi perlu menjadi fokus perhatian dalam upaya global untuk meningkatkan transparansi dan integritas dalam sistem keuangan internasional. Dengan memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana dan di mana kerahasiaan keuangan dieksploitasi, FSI bertujuan untuk mempromosikan lingkungan keuangan yang lebih adil dan terbuka.

Baca Juga: Transaksi Keuangan Global: 8 Negara Tujuan Transfer Dana dengan Nominal Terbesar dari Indonesia

Terima kasih telah membaca sampai di sini

Dengan melakukan pendaftaran akun, saya menyetujui Aturan dan Kebijakan di GoodStats Data

atau

Untuk mempercepat proses masuk atau pembuatan akun, bisa memakai akun media sosial.

Hubungkan dengan Google Hubungkan dengan Facebook