Dalam laporan Consumer & Commerce Outlook 2026 yang dirilis oleh Jakpat, terdapat pergeseran perilaku konsumen yang signifikan di pasar sepanjang tahun 2025. Salah satunya adalah peralihan dari belanja tradisional ke belanja online karena adanya kemudahan akses, keragaman pilihan, serta harga yang lebih kompetitif.
Selain itu, kini saluran yang digunakan untuk berbelanja online pun semakin beragam, membuat perilaku belanja konsumen tidak lagi terkonsentrasi pada sedikit atau satu saluran saja, tetapi terpecah di berbagai saluran.
Baca Juga: Metode Pembayaran Tunai Dominasi Transaksi E-Commerce 2024
E-commerce masih menjadi saluran utama bagi konsumen Indonesia untuk berbelanja online. Sebanyak 88% responden menggunakan e-commerce seperti Lazada, Shopee, Tokopedia untuk melakukan pembelian barang secara daring.
Sementara itu, 48% responden juga berbelanja online melalui media sosial yang dimiliki suatu brand yang produknya mereka beli. Media sosial seperti Instagram, TikTok, dan Facebook telah mengintegrasikan aktivitas jual beli langsung pada platform media sosial.
Model social commerce yang tergolong baru ini ternyata banyak diminati oleh konsumen dan mempermudah proses pembelian tanpa harus keluar dari aplikasi. Dalam beberapa tahun ke depan, social commerce memiliki potensi untuk menyaingi e-commerce sebagai saluran utama belanja online.
Hanya sekitar 19% responden yang melakukan pembelian langsung pada website atau aplikasi yang resmi dimiliki oleh brand. Adapun 18% responden memilih berbelanja online melalui marketplace atau katalog online seperti OLX, Facebook Marketplace, dan Kaskus Jual Beli.
Muncul juga minat konsumen untuk berbelanja online melalui quick-commerce atau e-commerce yang fokus pada pengiriman barang sangat cepat, biasanya dalam hitungan menit (10-30 menit). Sekitar 17% responden biasanya berbelanja bahan makanan yang dapat diantar langsung menggunakan Alfagift, Klik Indomaret, GrabMart, dan GoMart.
Baca Juga: Platform Live Shopping Terbanyak Digunakan di Indonesia Tahun 2024
Sumber:
https://insight.jakpat.net/jakpat-consumer-commerce-outlook-2026/